2 Organisasi Hacker yang paling berpengaruh di Dunia, Salah satunya dijuluki sebagai Robin Hood !

0
300
views
Image By Mashable
Image By Mashable

Jika sobat mendengar kata Hacker, pasti identik dengan kejahatan dan kriminal, iya kan sob. Nah sebenarnya Hacker itu ada dua tipe, yang pertama White hat dan Black Hat. Julukan White Hat diberikan kepada mereka yang melakukan aktivitas peretasan untuk hal yang baik seperti uji coba sistem contohnya. Untuk Julukan Black Hat sendiri digunakan kepada mereka yang meretas dengan niat kejahatan seperti meretas Bank, merusak sistem dan lain lain.

Di dunia ini ada banyak sekali hacker individu maupun yang berkelompok. Nah yang akan kita bahas kali ini adalah mereka yang berkelompok sob. Organisasi ini sering kali mencuri perhatian dunia karena serangannya terhadap perusahaan-perusahaan besar dan peretasan tingkat tinggi. Beberapa serangan dilakukan sebagai orasi akan ketidak adilan dunia, tapi tidak sedikit juga yang menyerang tanpa alasan dan hanya bermodalkan iseng. Penasaran Kelompok apa saja yang pernah menggemparkan dunia, Simak sampai habis ya sob.

LulzSec

Image By Nextmedia
Image By Nextmedia

LulzSec sebenarnya kepanjangan dari Lulz Security, Lulz disini berasal dari kata LoL yang berarti tertawa. Jadi ya bisa jadi makna dari kata LulzSec sendiri adalah mereka menertawakan Security (keamanan) dari sebuah sistem yang mereka retas. LulzSec ini merupakan sebuah kelompok peretas jahat yang hobinya membobol sistem keamanan perusahaan-perusahaan besar.

Mereka telah banyak mengklaim dan mengaku bertanggung jawab terhadap beberapa aksi peretasan. Diantaranya mulai dari meretas akun-akun pengguna Sony Pictures pada tahun 2011 hingga pengambilalihan situs web CIA. LulzSec ini dulu pernah menjadi pusat perhatian dunia karena sering menjebol sistem serta melakukan penyerangan besar-besaran.

Disetiap serangan, mereka selalu menampilkan pesan-pesan sarkastik serta beberapa nadanya menyangkut sosial dan politik. Karena makin hari anggota LulzSec tidak terkontrol, akhirnya salah satu pendiri LulzSec bernama Maya Sabu membantu penegakan hukum dengan menangkap beberapa anggotanya. Pada maret 2012 Penegak hukum berhasil menangkap 4 orang anggota. Kemudian disusul dengan 2 remaja lainnya yang dituduh sebagai salah satu anggota Lulsec, bernama T-flow dan Topiary.

Setelah kejadian itu situs web tempat kelompok ini berkumpul ditutup. Dan mereka mengklaim bahwa LulzSec resmi pensiun dari dunia peretasan. Namun disamping klaim tersebut, ternyata LulzSec kembali meretas surat kabar News Corporation. Mereka mengisinya dengan kabar palsu terkait kematian Rupert Murdoch. LulzSec pula ikut membantu dalam proses launching Operation AntiSec bersama Anonymous dan kelompok peretas lainnya.

Anonymous

Image By Fortune
Image By Fortune

Nama Anonymous berarti tidak bernama dan tidak diketahui. Anonymous biasanya dipakai pada kolom komentar blog atau website, kebanyakan mereka yang komentar tidak menyertakan identitas atau nama asli mereka. Semua ini berawal pada tahun 2004 di sebuah forum bernama 4Chan, Adminnya membuat sebuah protokol Forced-anon yang menyebabkan semua postingan bernama Anonymous.

Kelompok Anonymous ini mempunyai ciri khas, yaitu Topeng Vendetta. Mungkin cara yang mereka lakukan hampir sama dengan Film V for Vendetta. Namun yang membedakannya adalah, kelompok anonymous ini bertindak sebagai aktivis yang tidak terang-terangan, mereka beraksi lewat internet saja. Entah bisa dibilang peretas baik atau tidak, yang pasti mereka ini beraksi menegakan kebaikan namun dengan jalan yang dibilang jahat, yaitu meretas sistem.

Anonymous banyak sekali bertanggung jawab terhadap serangan peretasan, Diantaranya adalah :

  • Pada tahun 2008 Menyerang kelompok agama Scientology karena dianggap mengandung konten Pornografi anak.
  • Pada tahun 2009 Menyerang IFPI setelah Pirate Bay terbukti bersalah dalam kasus hak cipta. IFPI sendiri merupakan organisasi yang menentang keberadaan Pirate Bay.
  • Pada tahun 2012 berhasil melumpuhkan situs Departemen Kehakiman AS, FBI, dan MPAA. Mereka menyerang pihak-pihak tersebut karena dianggap bertanggung jawab atas ditutupnya webiste Megaupload.

Selain tiga serangan diatas, masih banyak serangan-serangan lainnya seperti menyerang situs situs Israel dengan alasan keadilan, Membocorkan para anggota Pedofil Lolita city, dan melumpuhkan beberapa website berkonten Pedofilia. Jika dipikir-pikir sih, Anonymous ini hampir mirip dengan Robin Hood di dunia Internet lah. Karena mereka juga pernah meretas beberapa rekening orang korup dan membagikannya sebagai amal. Slogan mereka yang terkenal adalah¬†“We are Anonymous, We are Legion, We do not forgive,¬†We do not forget, Expect us”

Selain 2 Organisasi diatas sebenarnya masih banyak perkumpulan hacker seperti NCPH, The Level 7 Crew, Chaos Computer Club, Team Poison dll. Namun, menurut sejarah dunia peretasan LulzSec dan Anonymous lah yang paling banyak bertanggung jawab terhadap beberapa serangan peretasan di dunia. Oke sob, itu dulu artikel untuk kali ini. Semoga bisa menambah pengetahuan sobat dan bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan tanggapan sobat di kolom komentar, Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here