Cara Cek NISN

0
cek nisn

NISN singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional, yaitu sistem untuk pengelolaan nomor induk siswa tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pertanyaan umum yang biasanya muncul terkait NISN adalah “Bagaimana cara cek NISN?”, karena ternyata tidak sedikit yang mengalami masalah dengan Nomor Induk Siswa Nasional ini. Biasanya ada memiliki NISN ganda atau ada kesalahan data.

Perlu diketahui juga, bahwa fungsi lain dari NISN adalah untuk kode pengenal siswa yang bersifat unik, dimana setiap siswa di seluruh Indonesia memiliki Nomor Induk Siswa Nasional yang berbeda-beda. Baik siswa yang sekolah di sekolahan Indonesia atau sekolahan Indonesia yang berada di luar negeri.

NISN akan diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di sekolahan yang memiliki NPSN(Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan sudah terdaftar di Kemdikbud.

Kembali ke inti pembahasan, ada banyak siswa/ siswi yang belum mengetahui NISN milik-nya sendiri. Biasanya karena lupa atau tidak tahu. Bisa juga karena orang tua tidak mencantumkan NISN pada saat daftar ulang atau karena pihak sekolah yang tidak mencantumkannya.

Biasanya NISN akan jadi sangat penting pada saat siswa akan melakukan ujian nasional atau saat akan mendaftar sekolah. Untuk mengetahuinya, Anda bisa cek nisn melalui nama lewat website atau aplikasi.

Cek NISN Lewat Website

Anda bisa melakukan pencarian NISN berdasarkan nama siswa lewat website nisn data kemdikbud go id. Dengan melakukan cek NISN secara online, Anda bisa memastikan data siswa sudah benar.

Berikut cara mengecek NISN Siswa SD/ SMP/ SMA:

1. Jalankan peramban, lalu kunjungi website cek NISN nisn.data.kemdikbud.go.id.

cek nisn melalui nama

2. Ada 2 pilihan cek NISN siswa, yaitu “Pencarian Berdasarkan NISN” dan “Pencarian Berdsarkan Nama”, pilih tab yang kedua.

cari nisn

3. Masuk beberapa data seperti Nama Siswa [Nama Lengkap], Tempat Lahir, Tanggal Lahir [DD-MM-YY], dan Nama Ibu. Semua data tersebut harus benar.

cara mencari nisn

4. Lalu klik tombol Cari di bagian bawah Formulir.

mencari nomor induk siswa nasional

5. Jika data siswa yang dimasukan sudah benar, maka akan dialihkan pada laman hasil pencarian berdasarkan nama [ Nama Siswa]. Akan muncul beberapa data seperi Nomor Induk Siswa Nasional siswa, Nama siswa, Jenis Kelamin, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir.

Perlu diketahui, jika yang muncul adalah keterangan ‘No records to display‘, artinya ada data siswa yang salah. Anda bisa mengulanginya dengan memuat ulang laman dan lakukan pengisian data kembali dengan benar dan cek NISN melalui nama lagi.

Cek NISN Lewat Aplikasi

Cara mengecek NISN juga bisa dilakukan lewat aplikasi Android yang bernama Data NISN. Lewat aplikasi ini, Anda bisa dengan mudah cari NISN, karena bisa langsung dari ponsel.

Data yang digunakan pada aplikasi ini bersuber dari database Kemdikbud, sehingga data yang ditampilkan adalah data valid sesuai dengan data yang ada pada web resmi Kemdikbud.

Aplikasi ini memiliki tampilan antar muka yang sederhana dan mudah digunakan. Ada dua metode yang bisa NAda lakukan untuk cek NISN Siswa dengan aplikasi ini, yaitu:

  1. Mencari data siswa berdasarkan NISN.
  2. Mencari data siswa berdasarkan Biodata siswa.

Cara mencari NISN lewat aplikasi:

cek nisn berdasarkan sekolah
  1. Pasang aplikasi Data Nomor Induk Siswa Nasional lewat Google Play Store.
  2. Setelah berhasil, jalankan aplikasi tersebut.
  3. Untuk melakukan pencarian berdasarkan nama, Anda harus beberapa data seperti yang dilakukan lewat website Kemdikbud.

Kontak Kemdikbud

Setelah mencoba mencari nomor induk siswa nasional berdasarkan nama siswa dengan data yang benar, namun tetap tidak membuahkan hasil. Maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan konsultasi langsung ke pihak Kemdikbud.

Jika NISN tidak ditemukan dengan cara melakukan pencarian secara online, Anda bisa menghubungi layanan terpadu Kemdikbud berikut:

Layanan Terpadu Kemdikbud:

Gedung C Lantai 1
Komplek Kemdikbud
Senayan, Jakarta 10270

  • Call Center : 177
  • Telp : (021) 5703303
  • Fax : (021) 5733125
  • SMS : 0811976929
  • Email: pengaduan@kemdikbud.go.id

FAQ NISN

Bagaimana cara mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)?

Untuk mengetahui dan cek kebenaran NISN bisa melakukan pencarian lewat website resmi Kemdikbud secara online. Pilih menu DATA SISWA dan ikuti petunjuk yang sudah dijelaskan seperti diatas.

Saya belum punya NISN, bagaimana cara memperolehnya?

Jika sudah melakukan cek NISN melalui nama dengan petunjuk diatas, namun tetap tidak ditemukan. Maka bisa melakukan pengajuan dengan mengisi formulir lewat halaman Verifikasi Validasi Data Peserta didik di pd.data.kemdikbud.go.id.

Atau bisa unduh Formulir Peserta Didik (F-PD) dan fomulir A.1 pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional baru lewat situs nisn.data.kemdiknas.go.id di menu Formulir Pengajuan. Cek formulir tersebut, lakukan pengisian, menyerahkannya kepada operator NPSN sekolah. Pihak sekolah bisa kirim formulir tersebut ke PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id untuk diberikan NISN.

Bagaimana cara memperbaiki Biodata NISN? Karena yang tertera tidak sesuai dengan Akta kelahir?

Untuk melakukan pengajuan perbaikan biodata dan verifikasi validasi NISN siswa SMA/SMK/MA/Ulya lulusan 2017 s/d 2019 bisa dengan mengisi formulir di laman pd.data.kemdikbud.go.id.

Atau bisa unduh formuli A.3. Pengajuan Perbaikan Biodata Siswa lewat tautan nisn.data.kemdiknas.go.id, pada menu FORMULIR PENGAJUAN. Lalu cetak formulir tersebut, lakukan pengisian secara manual, lalu menyerahkannya kepada pihak sekolah. Pihak sekolah bisa mengirimnya ke PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id.

Di sekolah sekarang ditanyakan NISN. Padahal saat lulus dari sekolah sebelumnya tidak mendapat NISN?

Sebelumnya bisa cari NISN berdasarkan nama dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika tidak ditemukan, maka bisa unduh Fomulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1 pada menu FORMULIR PENGAJUAN. Lalu cetak formulir tersebut, lakukan pengisian secara manual, lalu menyerahkannya kepada pihak sekolah. Pihak sekolah bisa mengirimnya ke PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id.

Kartu NISN hilang dan ada data yang keliru pada Biodata, apa yang harus dilakukan?

Jika terjadi kerusakan atau kehilangan kartu NISN di sertai dengan data yang keliru, maka bisa melaporkannya kepada operator NISN/NPSN sekolah dimana NISN tersebut diterbitkan.

Setelah dicek, website menampilkan data NISN ganda (lebih dari satu). Mana yang benar?

Gunakan NISN yang sudah digunakan sebagai alat administrasi dan validasi oleh siswa di sekolahnya. Atau siswa juga bisa menggunakan NISN dengan jumlah angka yang paling sedikit. Untuk NISN yang tidak digunakan bisa dilaporkan kepada operator NISN/NPSN sekolah asal untuk segera dihapus.

Apa Perbedaan NIS dan NISN?

Perbedaannya adalah NIS dibuat oleh pihak sekolah sebagai kode unik siswa tingkat sekolah. Sedangkan NISN dibuat oleh Kemdikbud sebagai kode unik siswa tingkat nasional.

Saya Tidak Bisa Mengakses Situs Kemdikbud, Solusinya?

Coba akses website Kemdikbud waktu-waktu yang tidak pada pengunjung seperti pada jam 00.00 atau jam 02.00 dini hari. Selain itu, bisa juga mencari nomor induk siswa nasional lewat aplikasi Android.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here