Alasan Pelegalan Ganja, Apa sih Manfaatnya ?

0
294
views
Image By Prairie Bussines Magazine
Image By Prairie Bussines Magazine

Ganja (Cannabis sativa syn. Cannabis indica) merupakan tumbuhan budidaya penghasil serat, namun lebih dikenal sebagai obat psikotropika karena adanya kandungan zat tetrahidrokanabinol (THC, tetra-hydro-cannabinol) yang mengakibatkan pemakainya mengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab).

Ganja dapat tumbuh setinggi 2 meter dan berdaun menjari dengan bunga jantan dan betina ada di tanaman berbeda (berumah dua). Bunganya kecil-kecil dalam dompolan di ujung ranting. Ganja biasanya tumbuh di pegunungan tropis dengan ketinggian di atas 1.000 meter di atas permukaan laut.

Nasib Ganja di Indonesia

Image By Steemit
Image By Steemit

Ganja atau Mariyuana merupakan tanaman yang paling tabu di Indonesia, bahkan Pemerintah menempatkan ganja di urutan pertama golongan narkotika. Indonesia tak segan-segan untuk menghukum mati siapapun yang menanam atau mendistribusikan barang haram ini. Entah apapun alasannya, Ganja sangat jauh menuju kata legal di Bumi Ibu Pertiwi.

Ganja masuk kedalam golongan pertama setelah pemerintah memproklamasikan perang besar terhadap narkoba. Tapi tahukah kalian bahwa ganja sebenarnya punya banyak manfaat yang besar jika dipergunakan dengan benar. Diibaratkan Pisau, jika digunakan sebagai alat memasak sah-sah saja tapi lain cerita jika digunakan untuk menusuk orang. Ya begitupun dengan ganja, jika digunakan dengan baik pasti bermanfaat.

Jika Pemerintah berperan aktif dalam pengembangan manfaatnya, saya yakin setiap negara di dunia bisa memanfaatkan hasilnya. Entah kenapa setiap orang yang mencetuskan pelegalan ganja karena bermanfaat selalu dipandang skeptis. Mereka pastinya hanya akan bilang “Itu cuma alasan saja agar kalian bisa hisap tanpa takut dipenjara”.

Terlalu sempit memang pola pikir mereka yang hanya berkomentar tanpa tahu detailnya. Doktrin dari mulut kemulutlah yang menjadikan ganja mempunyai stigma buruk dimata dunia. Bayangkan saja, Alkohol dan Rokok dilegalkan di negeri ini padahal sudah jadi rahasia umum kalau kedua barang ini berbahaya. Lalu bagaimana dengan ganja, diketahui lebih bermanfaat dari rokok malah di Ilegalkan.

Apa Saja Manfaat Ganja ?

Image By Cannabis Culture
Image By Cannabis Culture

Tanaman bernama latin cannabis sativa ini sangat banyak manfaatnya entah itu dalam bidang kesehatan maupun yang lainnya. Mereka diluaran sana hanya tahu bahwa ganja ini cuma bisa dilinting serta dihisap saja. Ketidaktahuan inilah yang sebenarnya menimbulkan ketakutan serta stigma buruk pada tanaman ganja. Lalu apa saja sih manfaatnya jika ganja dibudidayakan dengan baik ? simak baik-baik :

1. Bahan Baku Industri

Tahukah kalian, bahwa pertama kali kemeja di perkenalkan di Indonesia terbuat dari serat ganja. Banyak manfaat yang bisa diambil dari serat ganja ini (hemp), salah satunya seperti pembuatan tambang kapal karena serat ganja ini tahan lama terhadap air garam. Selain itu celana Jeans “Levis” terkenal awet dan kuat karena bahan bakunya dari serat ganja pula.

Dari waktu ke waktu Penggunaan serat ganja semakin berkembang pesat. Serat ganja juga telah digunakan sebaga bahan alternatif untuk plat body mobil atau pesawat. Hal ini pertama kali dipakai pada tahun 1991 di New Jersey, Amerika Serikat. Hemph-Basic diketahui telah sukses menjadikan serat ganja sebagai aksesoris, tali, tekstil, bahan bangunan, selang dll dengan kualitas yang terbaik.

2. Pengganti Bahan Kertas

Kementerian Perindustrian menyatakan bahwa rata-rata kertas yang diproduksi di Indonesia mencapai 12.98 ton pertahun. Untuk menghasilkan 1 ton saja dibutuhkan 20 pohon dewasa. Jadi jika dikalkulasikan, untuk memenuhi kebutuhan mulai dari buku, koran, majalah, tisu dll kita menebang sampai 240 juta pohon pertahun.

Tahuka bahwa dulu hingga 1883, 75% kertas di dunia berbahan dasar serat ganja.Pada tahun 1150, pabrik kertas berbahan baku serat ganja didirikan di berapa kota negara Spanyol; pada tahun 1750, Benjamin Franklin juga mendirikan pabrik kertas berbahan baku serat ganja. Hingga saat ini beberapa negara menggunakan hemp untuk memproduksi berbagai macam kebutuhan, termasuk kertas. Sebut saja Yunnan Industrial Hemp Inc, sebuah perusahaan pemanfaatan hemp untuk pembuatan kertas dari China atau perusahaan Hemp Inc dari Amerika.

3. Obat Berbagai Macam Penyakit

Selain seratnya yang berguna untuk berbagai macam Industri. Ganja juga ternyata berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Penasaran, cek list nya dibawah ini :

1. Alzheimer

Berdasarkan penelitian oleh Scripps Research Institute, ganja diketahui bisa memperlambat penyakit Alzheimer yang menyerang otak. Hasil ini juga telah diterbitkan dalam jurnal Molecular Pharmaceutics.

2. Kanker

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Cancer Therapeutics menemukan bahwa zat cannabidiol yang terdapat dalam ganja bisa ‘mematikan’ gen bernama “Id-1” yang digunakan sel kanker untuk menyebar ke seluruh tubuh.

3. Epilepsi

Dalam sebuah penelitian di Virginia Commonwealth University, peneliti menemukan bahwa ganja bisa digunakan untuk menghentikan serangan epilepsi. Meski begitu, penelitian ini baru dilakukan pada hewan dan belum diujicobakan pada manusia.

4. Glaucoma

Peneliti saat ini tengah mengembangkan obat baru dengan bahan dasar ganja untuk mengobati sakit yang disebabkan oleh glaucoma. Hal ini dilakukan peneliti setelah mengetahui bahwa ganja efektif untuk digunakan merawat kondisi glaucoma. Glaucoma merupakan kondisi yang meningkatkan tekanan pada bola mata dan bisa memicu kehilangan kemampuan penglihatan.

5. Arthritis

Ganja diketahui bisa meredakan rasa sakit dan nyeri, serta peradangan yang berkaitan dengan penyakit arthritis.

6. Kesehatan paru-paru

Penelitian dalam Journal of the American Medical Association menemukan bahwa ganja bisa meningkatkan kapasitas paru-paru. Hal ini bertentangan dengan kepercayaan banyak orang bahwa ganja bisa menurunkan kapasitas dan kemampuan paru-paru.

7. Multiple sclerosis

Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit yang menyerang saraf-saraf pusat seperti saraf otak, sumsum tulang belakang, dan saraf optik. Sebuah penelitian yang dilakukan di Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa cannabioids yang ditemukan dalam ganja bisa menurunkan gejala dan rasa sakit yang disebabkan oleh MS.

8. Penyakit parkinson

Penelitian yang diterbitkan dalam medPage Today menemukan bahwa ganja bisa digunakan untuk mengatasi tremor dan meningkatkan kemampuan motorik pada pasien yang terkena penyakit parkinson.

Setelah kita tahu manfaatnya, bagaimana pandangan kalian sekarang ?. Memang sulit untuk menerima hal semacam ganja, apalagi sekarang masuk kedalam daftar narkotika. Artikel ini dibuat hanya untuk pengetahuan dan sama sekali tidak ada maksud untuk mengkampanyekan pelegalan ganja ya. Isi artikel ini beberapa ada yang dikutip dari Kumparan, Qureta dan Merdeka. Terima kasih telah berkunjung dan membaca, Jangan lupa matikan adblocknya 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here