Introvert, Extrovert atau Ambivert, Kalian termasuk yang mana ?

0
303
views
Image By Playbuzz
Image By Playbuzz

Tahukah kalian bahwa setiap manusia memiliki salah satu dari 3 kepribadian yang berbeda, seperti yang diungkapkan ilmuan bernama Carl Jung. Beliau mengatakan bahwa ada 3 Sifat yang berbeda pada manusia, Introvert, Extrovert, dan Ambivert. Kepribadian ini sendiri bisa terbentuk secara alami dari lahir ataupun bisa berubah karena faktor dorongan serta lingkungan.

Kepribadian pada manusia umumnya sangat sulit untuk diubah, walaupun bisa itupun butuh waktu yang lumayan lama. Kalian tak bisa mengubah seorang Introvert untuk menjadi Extrovert dalam satu minggu, begitupun sebaliknya. Kecuali jika orang tersebut mengalami sesuatu yang sangat berpengaruh besar dalam hidupnya, hingga perubahannya bisa terjadi sangat cepat karena rasa depresi misalnya. Oke, penasaran apa sih maksud dari tiga kepribadian tersebut ? simak baik baik :

Introvert

Image By Together Guide
Image By Together Guide

Orang yang berkepribadian Introvert biasanya lebih suka menyendiri daripada berkumpul dengan banyak orang. Mereka biasanya lebih menyukai kedamaian dan tempat tenang, kebanyakan membenci keramaian. Dibawah ini adalah ciri-ciri orang Introvert :

  • Berpikir sebelum mengirim pesan teks
    Ketika seorang introvert mendapatkan pesan teks dari orang yang dianggap penting dan berarti, maka dia akan menunggu hingga pesannya dibalas. Seorang introvert akan memikirkan terlebih dahulu respon bijaksana seperti apa yang hendak dia tuliskan untuk membalas pesan tersebut.
  • Tidak suka obrolan ringan dan basa basi
    Seorang introvert lebih menyukai percakapan yang berbobot atau penting. Sedangkan untuk obrolan ringan, seorang introvert biasanya mendengarkan saja, dan malas untuk menimpali. Jadi biasanya orang introvert lebih memilih untuk diam.
  • Tidak mudah percaya
    Karena seorang introvert lebih nyaman bersama orang-orang tertentu, maka hal ini-pun berpengaruh pada kepercayaannya terhadap orang lain. Seorang introvert tidak mudah terbuka kepada sembarang orang, karena ia menganggap bahwa orang lain belum tentu dapat memegang amanah.
  • Benci atau tidak betah di keramaian
    Keramaian di sini maksudnya adalah ketika bersama banyak teman. Seorang introvert justru ingin segera untuk pulang dan menyendiri. Seorang Introvert justru lebih mampu untuk menikmati kesendiriannya dan menjalani kehidupannya sehari-hari sendirian.
  • Hanya terbuka terhadap beberapa orang
    Seorang introvert akan menceritakan isi hatinya hanya kepada orang tertentu yang dipercayainya saja. Karena seorang introvert sangat memprihatikan privasinya, dan tidak mau ceritanya itumenjadi konsumsi pribadi atau kalangan tertentu saja.
  • Selalu Berpikir sebelum berbicara
    Seorang introvert selalu memikirkan sesuatu sebelum bertindak, termasuk berhati-hati sebelum mengutarakan pendapat kepada orang lain.
  • Lebih suka Menulis dibanding berbicara
    Kelebihan seorang introvert adalah mereka mampu untuk merenung, instrospeksi diri, dan kemudian mengungkapkannya melalui tulisan. Seorang Introvert tak selalu nyaman menggunakan komunikasi verbal untuk mengungkapkan perasaannya.
  • Lebih nyaman dengan kesendirian
    Ketika orang lain senang nongkrong beramai-ramai bersama temannya, seorang introvert justru lebih nyaman dan tenang dalam kesendiriannya di rumah. Seorang introvert akan menghabiskan waktunya untuk menekuni hobi dan pekerjaan yang ia sukai.
  • Dianggap orang sebagai sosok misterius
    Karena sikapnya yang lebih suka diam dan menyendiri, atau hanya berkelompok dengan segelintir orang saja, maka akan banyak orang yang menganggapnya seorang yang misterius dan sulit ditebak.

Extrovert

Image By Spoon University
Image By Spoon University

Kebalikan dari Introvert, Extrovert merupakan tipe yang senang akan keramaian dan kehangatan. Orang Extrovert lebih pandai dalam bersosialisasi dan lebih percaya diri. Seorang Extrovert lebih terbuka dalam segala sesuatu dan kadang bersifat ceroboh. Dibawah ini adalah ciri-ciri orang Extrovert :

  • Spontan dalam bertindak atau berbicara.
    Orang-orang extrovert memang tidak seperti tipe kepribadian introvert. Seorang introvert yang hampir selalu berpikir terlebih dahulu dalam melakukan sesuatu atau berbicara.
  • Sang Pencair suasana.
    Mereka yang di dominasi oleh kepribadian extrovert akan lebih terlihat ceria dalam setiap perkumpulan. Uniknya mereka yang benar-benar kuat dari sisi extrovertnya selalu saja menjadi pencair suasana atau ice breaker.
  • Senang jadi pembicara daripada pendengar.
    Seorang extrovert akan senang menuangkan ide dan gagasan mereka kepada orang lain. Di dalam sebuah diskusi mereka akan banyak mendominasi suara serta usulan yang cukup kreatif. Namun terkadang, pembicaraannya masih kalah berbobot dengan mereka yang introvert.
  • Percaya diri.
    Percaya diri adalah hal yang mungkin tidak semua orang memilikinya. Setiap porsi rasa percaya diri yang ada dalam diri setiap orang berbeda-beda.
  • Menyukai popularitas dan senang menjadi pusat perhatian.
    Orang extrovert senang menjadi pusat perhatian orang-orang di sekitar. Mereka pun cenderung popular di kalangan teman, rekan dan lingkungan tempat mereka berada.
    Mungkin hal ini yang menjadi penyebab kebanyakan selebritis itu orang-orang dengan tipe kepribadian extrovert. Meski tak semuanya, paling tidak ya sebagian besarnya.
  • Senang bekerja kelompok dan tidak suka kesendirian.
    Suasana sepi dan sunyi menjadi suatu hal yang sangat dihindari bagi orang-orang extrovert. Rasa semangat mereka akan berkurang saat mereka dalam keadaan sendiri. Bahkan, kesunyian dapat ‘membunuh’nya.
  • Mudah bergaul
    Baik di dalam dunia nyata maupun di dunia maya, soal bergaul menjadi keahlian tersendiri bagi orang-orang extrovert. Seorang ekstrovert akan senang sekali dalam berinteraksi dengan banyak kawan dan rekan kerja. Mereka dapat serta bersosialisasi dengan para tetangga sekitar.
  • Senang berinteraksi dan bersosialisasi
    Seorang ekstrovert sangat senang mengadakan suatu kegiatan di lingkungan sekolah/kampus atau di lingkungan tempat tinggal dan tempat kerja. Bagi seorang ekstrovert hal itu adalah hal yang menyenangkan bagi orang-orang tipe kepribadian extrovert.

Ambivert

Image By Brilio
Image By Brilio

Ambivert merupakan tipe orang yang kadang bisa jadi Extrovert namun bisa juga jadi seorang Intovert. Seorang Ambivert ini biasanya bertindak tergantung situasi dan keadaan lingkungan. Dibawah ini adalah ciri-ciri orang Ambivert :

  • Mudah mengenali kepribadian seseorang.
    Seorang ambivert dapat mengenali seseorang yang ekstrovert ataupun introvert. Hal itu disebabkan seorang ambivert mengalami kedua hal tersebut. Sehingga seorang yang ambivert dapat dengan mudah mengenali jenis kepribadian seseorang.
  • Mudah Beradaptasi dengan lingkungan.
    Ada saatnya kita di lingkungan ramai dan Anda mudah membaur. Ada juga saat Anda di lingkungan sunyi dimana Anda menjadi penyendiri. Namun hal itu dilakukan kita adalah seorang ambivert dapat melakukan dengan baik.
  • Suka berada di tengah keramaian, tapi cenderung tidak melakukan interkasi .
    Seorang Introvert benci dengan keramaian, sementara seorang ekstrovert benci dalam kesunyian. Tapi ambivert kenyataannya suka keramaian, tapi mereka tidak ingin melakukan komunikasi. Bisa dibilang, mereka seperti sedang melakukan nyepi di tengah keramaian. Mereka nyatanya menikmati situasi ini, mereka juga mengamati apa yang ada di sekitar.
  • Tidak suka bertemu dengan orang baru di tempat yang baru.
    Seorang yang ambivert akan biasa jika bertemu orang baru di tempat yang mereka sudah mengenalinya. Hal itu dikarenakan mereka akan nyaman di tempat yang sudah dia kenali. Begitupun jika bertemu dengan orang lama dia kenal tempat yang baru.
  • Bisa terlibat dalam pembicaraan ringan ataupun serius.
    Seorang ambivert saat berbicara hal-hal ringan seperti hobi, berita, ataupun hal lainnya akan dengan mudah mengikutinya. Begitu juga dengan pembicaraan serius seperti berbicara tentang bisnis, atau hal yang serius lainnya. Orang yang ambivert tidak keberatan dengan pembicaraan ringan ataupun serius.
  • Kepribadian Ambivert Moodnya berubah tergantung lawan bicara.
    Orang ambivert itu fleksibel, mampu menggeser kepribadian sesuai dengan siapa mereka berbicara. Seringnya, kalau sedang berbicara dengan si ekstrovert, maka orang ambivert akan berperan sebagai lawan bicara yang introvert. Begitupun sebaliknya.
  • Menyukai keramaian, namun juga ingin cepat dalam kesunyian.
    Seorang ambivert mungkin menyukai pesta ataupun aktivitas diluar yang ramai. Namun ada kalanya energi mereka sudah habis. Ketika energy mereka sudah menurun, mereka akan ingin ke tempat yang sepi untuk mengistirahatkan tubuh.
  • Nyaman dengan lingkungan luar, namun tidak banyak berinteraksi.
    Seorang ambivert menyukai keramaian, namun tidak begitu aktif berinteraksi. Bukan berarti seorang ambivert anti-sosial, namun mereka nyaman dengan keadaan seperti itu. Dalam keadaan tertentu seorang yang ambivert dapat juga menjadi aktif berinteraksi. Seperti membicarakan tentang hal yang disukai, atau hal yang menarik baginya.
  • Dapat mengerjakan tugas individu maupun kelompok dengan baik.
    Seorang introvert akan sedikit kesulitan jika mengerjakan tugas kelompok. Begitupun seorang ekstrovert akan sedikit kesulitan jika mengerjakan tugas sendiri. Maka seorang yang ambivert dapat menyesuaikan kedua kondisi tersebut. mereka tidak keberatan jika mengerjakan tugas sendiri maupun berkelompok.
  • Bingung harus menikmati waktu bersama teman atau sendiri di rumah.
    Menikmati waktu bersama teman memang menyenangkan, namun menikmati waktu sendiri di rumah juga tidak kalah menyenangkan pula. Karena itu seorang ambivert terkadang bingung jika dihubungi seorang teman mengundangnya datang ke pesta untuk menikmati bersama. Padahal dia juga sedang menikmati waktu sendiri di rumahnya. Pergi bersosialisasi ke luar atau bermalas-malasan di rumah, si ambivert suka dengan dua-duanya. Jadi keputusan akhir biasanya berdasarkan mood.

Itu dia Ciri-ciri dari 3 kepribadian yang berbeda, nah kalian yang mana ?. Apapun kepribadiannya itu tak penting, yang penting terus berkpikir positif dan buang rasa pesimis ya. Banyak yang bilang bahwa Introvert itu kurang bahagia, faktanya tidak seperti itu, setiap pribadi punya cara bahagianya masing-masing. Oke, semoga artikel ini bermanfaat ya , Terima kasih telah membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here